mobil transmisi manual vs matic

Mobil Transmisi Manual vs Matic - Semakin banyaknya produsen mobil yang memproduksikan mobilnya dengan dua pilihan transisi, yaitu ialah manual dan automatic. Salah satu contohnya Honda Mobilio. Hal ini, tentunya tidak lepas dari perubahan pemikiran masyarakat yang mulai berubah mengenai mobil dengan transisi automatic, atau yang biasa juga disebut mobil matic.

Honda Mobil
Sejak dulu banyak yang berfikiran bahwa mobil matic lebih merepotkan dan membutuhkan jauh lebih banyak biaya daripada mobil manual. Namun tidak berlaku lagi untuk kondisi saat ini. Kemajuan teknologi saat ini telah membuat mobil matic memiliki kualitas yang sangat cangih dan tidak kalah dengan mobil manual, serta mampu menekan biaya pemakaian dan perawatan. Artinya, tidak lagi boros untuk bahan bakar dan biaya yang besar saat melakukan perbaikan.

Lalu, mana yang lebih baik , mobil transmisi manual atau automatic?
Dari segi kekuatan untuk tarikan, mobil matic bisa terbilang masih kalah dengan mobil manual. Hal ini disebabkan karena kita dapat mengatur sendiri perpindahan gigi dari rendah ke tinggi, ataupun sebaliknya. Apalagi jika kita sering berkendara di wilayah medan pegunungan yang cenderung banyak memiliki tanjakan dan turunan. Mobil manual akan lebih stabil dan mampu menghadapi setiap medan seperti ini.

Namun, jika kita sering berkendara di wilayah perkotaan dengan kondisi jalanan yang cenderung datar, akan lebih cocok menggunakan mobil matic yang bisa menjadi pilihan. Apalagi, jika situasi jalanan yang sering kita lalui cukup padat dan sering macet. Selain itu, mobil matic juga cocok digunakan untuk berpergian jarak jauh bersama kluarga. Salah satu tips persiapan liburan dengan kluarga dengan mobil adalah dengan menggunakan mobil nyaman dan metic. Menggunakan mobil matic, setidaknya kita bisa merasakan lebih nyaman berkendara karena tidak menggunakan kopling. Seta hanya rem saat berhenti, dan gas saat mobil harus dijalankan.
Hal lainnya yaitu salah satunya berhubungan dengan perawatan mobil. Mobil matic jaman sekaran memang tidak membutuhkan banyak biaya atau pengeluaran untuk perawatan dibandingkan mobil matic yang lama, namun tetap saja lebih besar biayanya dari mobil manual. Penyebabny adalah karena ada lebih banyak komponen yang harus dilakukan untuk perawatan atau penggantian komponen dibandingkan dengan mobil manual. Misalnya, seperti oli transmisi yang hanya ada pada setiap mobil matic. Selain itu juga , perawatan mobil matic juga harus lebih diperhatikan waktunya saat pertama dan terahir melakukan perawatan, karena perawatan yang terlambat bisa dapat menyebabkan kerusakan. Dan tentunya, akan membutukan biaya dan pengeluaran yang lebih besar untuk perbaikannya.

Untuk permasalahan bahan bakar, masih banyak yang merasa dan berfikir bahwa mobil matic lebih boros dibandingkan dengan mobil manual. Namun, untuk pengukurannya itu sendiri belum dapat dipastikan, karena pemakaian bahan bakar ini sangatlah bergantung pada berbagai hal, seperti kecepatan, cara menyetir, kondisi jalanan, sertaperawatan ,dan beberapa hal lainnya.
Maka dari itu kita wajib mengecek dan memeriksa kondisi mobil setiap bulan maupun setiap tahunnya karna perawatan yang rutin sangatlah di perlukan untuk peforma yang tetap bagus pada mobil.


Introducing the Honda :
Honda HRV Mugen