nilai oktan bahan bakar di indonesia

Nilai Oktan Bahan Bakar di Indonesia


Nilai Oktan Bahan Bakar
Bahan bakar merupakan hal penting yang harus tersedia jika kendaraan mobil kalian ingin tetap berjalan. Tanpa bahan bakar, maka mesin hanyalah sebuah besi. Mesin dapat bekerja, jika mendapatkan energi dari bahan bakar tertentu yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang berlaku. Sedikit penjelasan tentang bahan bakar.
Bahan bakar merupakan cairan yang mengandung energi untuk tujuan menggerakkan suatu mesin supaya dapet bekerja. Pada kendaraan mobil, mesin digunakan untuk membantu kendaraan untuk bisa berjalan. Supaya mesin dapat bekerja dan membuat mobil berjalan, maka dibutuhkan bahan bakar.

Sebelum kita berdiskusi, ada beberapa pertanyaan dari kami.
Ada jenis bahan bakar apa saja yang kalian tahu sejauh ini ?
Tahukah kalian, bahwa setiap kendaraan memiliki standar sendiri untuk memenuhi kualitas bahan bakar mesin mobil ?

Tahukah kalian, jika memilih untuk menggunakan bahan bakar diluar standar yang ditentukan, maka apa yang akan terjadi pada mesin kendaraan mobil kalian ?
Pertanyaan – pertanyaan diatas, pastinya akan membuat kalian berpikir dan ingin mengetahui lebih dalam tentang kendaraan yang kalian miliki. Setiap mesin mobil memiliki standar bahan bakar sendiri yang membuatnya berbeda dengan kendaraan lainnya. Nah, untuk mempertajam wawasan sobat Honda, maka kami akan membantu kalian untuk mengenal kendaraan mesin mobil yang kalian milik.

Pemilihan pemakaian bahan bakar, akan sangat berpengaruh pada mesin kedaraan kalian. Pengaruhnya yaitu, keawetan mesin yang menjadikannya tahan lama, dapat menambah usia kendaraan mobil, dan yang paling penting adalah dapat membuat tarikan mobil lebih bertenaga.
Bahan bakar yang tersedia di Indonesia yaitu, premium, pertalite, pertamax, pertamax plus, shell super, shell V-power, performance 92 dan performance 95. Setiap bahan bakar telah memiliki nilai tersendiri. Nilai tersebutlah yang menentukan bahan bakar mana yang menjadi standar untuk kendaraan mobil kalian. Nilai tersebut disebut dengan “Oktan”.

Oktan dari sebuah bahan bakar akan memberikan tekanan pada mesin kendaraan. Dimana tekanan tersebut, akan memberikan tenaga yang dihasilkan untuk menjalankan sebuah kendaraan mobil sobat Honda.

Berikut tabel jenis bahan bakar dan nilai oktanya :

Jenis Bahan Bakar Nilai Oktan / RON  
Premium                  88  
Pertalite                        90  
Pertamax                        92  
Pertamax Plus                95  
Shell Super                92  
Shell V-Power                95  
Performance 92         92  
Performance 95         95  

Nah, setelah kalian melihat tabel diatas yang menunjukan nama bahan bakar dan oktannya, coba buka kembali manual book kendaraan mobil kalian. Terdapat jumlah oktan pada bahan yang tertera, yaitu 88 – 95. Dari petunjuk tersebut, maka kalian akan menemukan bahan bakar yang cocok untuk sobat Honda gunakan pada kendaraan mobil kalian. Semakin tinggi nilai oktan pada bahan bakar, maka tekanan yang diberkan oleh bahan bakar kepada kendaraan mobil kalian akan semakin tinggi.
Jika kalian menggunakan bahan bakar dengan oktan rendah, maka ada beberapa penambahan pada mesin kompresi mobil kalian. Untuk mengetahui LEBIH dalam lagi tentang mesin, maka silahkan tambah wawasan kalian di Rasio kompresi mesin mobil. Terdapat juga tips jika sobat Honda masih mengunakan bahan bakar beroktan rendah, tapi tetap bisa bertenaga. Setelah kalian mengetahui tentang nilai bahan bakar, nilai yang tertera akan ada pengaruhnya pada kompresi mesin mobil kalian.
Sampai sini, kami harap sobat Honda dapat menemukan tentang bahan bakar yang cocok untuk kendaraan mobil kalian.