Fungsi Spoiler pada Mobil

Fungsi Spoiler pada Mobil


Terkadang setiap pengendara ingin mempercantik kendaraannya dengan menambahkan beberapa aksesoris – aksesoris. Namun ada beberapa pengendara yang beranggapan bahwa aksesoris merupakan sesuatu yang digunakan untuk menghias kendaraan mobil saja. Supaya mobil tersebut memiliki kesan yang modis, mewah, atau sporty sesuai keinginan para pengendara.
Tapi taukah kalian, bahwa beberapa aksesoris yang digunakan memiliki manfaat tersendiri, salah satunya adalah spoiler ?

Kali ini kami akan membahas tentang kegunaan dari aksesoris spoiler yang ada pada mobil.
Untuk mendapatkan kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi, maka mobil tersebut haruslah memiliki mesin yang bagus dan aerodinamika yang baik. Aerodinamika itu merupakan alur pergerakan angin terhadap suatu benda. Tanpa aerodinamika, maka kendaraan mobil yang melaju cepat tidak akan stabil dikarenakan terdapat tekanan angin yang begitu besar.

Nah, fungsi lain dari spoiler sebagai aksesoris adalah aerodinamika untuk kendaraan mobil kalian. Jadi, untuk kalian sobat Honda yang ingin atau sudah memiliki aksesoris spoiler, maka mobil kalian sudah cukup stabil saat melaju. Bukan hanya disitu saja kegunaan dari aksesoris spoiler. Yaitu untuk meningkatkan handling saat kendaraan mobil sedang berbelok. Sehingga mobil tidak akan terpental saat mendapatkan tekanan angin saat melakukan belokan.
Untuk pemasangannya sendiri, pilihlah spoiler yang pas untuk kendaraan mobil sobat Honda. Jangan sampai memilih spoiler yang hanya bagus ditampilan saja, melainkan harus ringan juga. Karena jika memilih spoiler yang berat, maka itu akan mempengaruhi pemakaian bahan bakar sehingga lebih boros. Pemasangan spoiler harus diimbangi dengan pemasangan didepan, belakang dan sisi samping mobil.
Ada beberapa jenis spoiler pada mobil, Yaitu :

Spoiler depan
Spoiler depan biasanya dipasang di bagian bawah body depan mobil. Fungsi aksesoris spoiler depan untuk menahan angin saat kendaraan mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan menjaga ban agar tetap menempel pada permukaan jalan. Pemasangan spoiler depan, harus diimbangi dengan pemasangan spoiler belakang. Sehingga tekanan yang dihasilkan bisa lebih kecil.

Spoiler Belakang
Pemasangan aksesoris spoiler belakang bertujuan untuk menyeimbangkan spoiler depan, supaya mendapatkan aerodinamis yang baik. Pada kendaraan jenis sedan, spoiler ini diletakkan diatas bagasi mobil. Pada kendaraan jenis Hatchback atau tidak memiliki bagasi belakang, maka pemasangan spoiler berada di atas kaca belakang mobil.

Wins
Spoiler jenis Wins ini merupakan aksesoris yang menampilkan desain sporty. Biasanya terdapat pada kendaraan mobil balap seperti F1. Letaknya ada dibagian belakang mobil. Jika sobat Honda ingin menggunakan Wins sebagai spoiler belakang, maka sangat bagus dan akan terlihat sporty. Untuk aerodinamisnya juga sangat bagus untuk kendaraan sobat. Namun, untuk kekurangannya sendiri, spoiler jenis ini akan menambah beban mobil kalian. Sehingga akan menguras tenaga lebih besar dan bahan bakar cukup boros.

Side Skirt
Untuk aksesoris side skirt berada di bagian sisi kanan dan kiri mobil. Letasnya dibagian bawah sisi mobil. Fungsi pemasangan aksoris samping ini untuk meneruskan laju angin yang telah dilewati oleh spoiler bagian depan. Sehingga kendaraan mobil kalian tidak akan oleng. Aksesoris ini juga bisa menambah kesan sporty pada kendaraan mobil sobat Honada. Akan menjadi nilai plus pada sisi exterior suatu kendaraan.
Spoiler Honda BRV
Pemasangan aksesoris sperti spoiler ini, sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan sobat Honda. Jika ingin kendaraan mobil berkecepatan tinggi dan memiliki kesan exterior yang sporty, maka spoiler wajib dipasang pada mobil sobat. Tapi jika kalian tidak terlalu mementingkan kecepatan dan ingin tampil sporty, dengan pemasangan spoiler belakang sudah lebih dari cukup.
Sengan aksesoris spoiler, mobil sobat Honda akan makin telihat keren.