Tips Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik

Tips Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik


Setelah Anda selesai mudik atau kembali dari kampung halaman, mobil yang Anda gunakan sebaiknya langsung dicek. Perawatan mobil setelah bepergian jauh, tentu harus Anda lakukan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun hal-hal yang harus Anda perhatikan, antara lain :
Perawatan Mobil Honda

1. Cuci mobil Anda hingga bersih


Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sudah pulang ke rumah adalah mencuci mobil tersebut. Disini Anda harus memastikan bahwa berbagai bagian dalam mobil sudah bersih, baik itu bagian luar, hingga bagian dalam, terutama bagian bawah mobil.

Cek bagian bawah mobil, dan perhatikan pastikan komponen kaki-kaki, dan hal lainnya dalam kondisi baik, jika ada kerusakan, sebaiknya langsung diganti.

2. Cek kondisi oli

Dalam teknik perawatan mobil berikutnya adalah memeriksa kondisi oli mobil. Ketika Anda melakukan perjalanan jauh, maka kondisi oli jadi menurun. Akan lebih baik, jika Anda mengganti oil setiap jarak 5 rb km, apabila oli masih dapat digunakan. Tapi jika perjalanan mudik Anda diselingi dengan tingkat kemacetan yang cukup parah, ada baiknya jika oli semakin sering diganti. 

3. Cek kondisi kopling dan juga rem

Setelah Anda melakukan perjalanan jauh, Anda juga perlu mengecek kondisi kopling dan juga rem. Semakin jauh perjalanan dan diselingi dengan kondisi macet, tentunya membuat kanpas rem dan juga kopling harus bekerja secara maksimal, ini yang membuatnya menjadi tipis. Jika hal ini memang benar terjadi, sebaiknya ganti.

4. Cek berbagai cairan dalam mobil

Hal lain yang termasuk Perawatan mobil setelah Anda pulang dari kampung halaman adalah mengecek berbagai macam cairan. Seperti diketahui bersama, ada banyak sekali cairan yang ada di dalam mbil, seperti oli, air radiator, cairan aki, washer wiper, dan cairan lainnya. Hal ini harus Anda perhatikan dengan baik, dan isi jika dirasa kurang. Pastikan berbagai cairan tersebut, tidak berada dalam batas minimal.

5.  Cek kondisi AC

Cek juga bagaimana kondisi AC yang ada pada mobil Anda, apakah masih tetap dingin atau tidak. Jika dirasa kurang dingin, maka sebaiknya Anda mengisi kembali Freon pada AC tersebut. jumlah Freon yang sebaiknya digunakan, tergantung pada jenis mobil yang Anda gunakan.

6.  Cek kondisi mesin

Hal lain yang tidak kalah penting Anda perhatikan ketika pulang mudik adalah cek kondisi mesin. Disini Anda perlu memeriksa kondisi mesin. Apakah ada suara aneh, seperti adanya rembesan oli, suara mesin jadi berbeda dari biasanya atau hal lainnya. Cek juga kondisi V-Belt yang ada, apakah masih dalam kondisi normal, atau mengalami keretakan. Apabila dirasa ada sesuatu, ada baiknya jika Anda mengeceknya dan bahkan menggantinya.

Dengan mengecek kembali berbagai kondisi yang ada pada mobil yang Anda miliki, setelah bepergian jauh, seperti pulang kampung, membuat kondisi mobil tetap terjaga dengan baik, dan mobil pun akan awet.

GIIAS 2018 

Dapatkan juga informas mengenai Pameran Automotif terbesar di Indonesia pada link berikut ini : Promo Mobil Honda GIIAS 2018, Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 yang akan diadakan pada tanggal 2 sd 12 Agustus 2018 di ICE - BSD, Tangerang.

GIIAS 2018 diadakan di ICE-BSD. ICE-BSD ( Indonesia Convention Exhibition) yang terletak di BSD City. Pameran GIIAS diselenggarakan setiap tahunnya dengan menghadirkan semua merk automotif di Indonesia dan meluncurkan banyak tipe-tipe mobil baru maupun facelift. Hadir dan dapatkan Promo Honda GIIAS dengan sales terpercaya di bawah ini :

GUSPAN
( Sales Representative )
0878 8643 9168 ( Call / WA )

Alamat GIIAS 2018 : ICE-BSD, Jalan BSD Grand Boulevard Raya No. 1, BSD City, Tangerang, Banten 15339
Dibuka Mulai tanggal 2 Agustus 2018, pukul 11:00 sd 21:00 pada hari senin sd jumat, dan pukul 10:00 sd 21:00 pada weekend Sabtu dan Minggu.

Dapatkan free tiket masuk GIIAS untuk pemesanan mobil honda ( S & KB ) dan ambil Promonya.