Cara Mengecek Radiator Mobil

Cara Mengecek Radiator Mobil


Kelebihan dari sebuah kendaraan mobil yaitu memiliki teknologi pendingin. Sehingga para pengendara tidak akan merasakan kepanasan atau pengap didalam ruangan. Pendingin ini juga dapat menyejukkan sobat Honda jika ingin melakukan sebuah perjalanan dengan menggunakan mobil. Komponen yang satu ini memang sangat penting kegunaannya. Makanya banyak para pengendara merawat komponen ini sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Radiator bukan hanya digunakan untuk penyejuk kabin mobil. Melainkan untuk membantu mendinginkan mesin mobil kalian. Kalau terjadi kerusakan, maka mesin akan overheat dan mogok. Tentunya kalian tidak ingin hal itu terjadi.
Cara Mengecek Radiator Mobil
Nah, kami akan membantu sobat Honda untuk merawat radiator mobil dengan cara yang mudah. Sehingga AC dapat bekerja dengan baik dan tahan lama.

Cek air radiator
Hal yang paling mudah untuk kalian adalah menguras dan mengganti air radiator mobil. Tips ini harus dilakukan secara berkala. Tujuan penggantian air radiator yaitu, supaya saluran pada radiator tidak ada kotoran yang menyumbat. Caranya menguras dan menggantinya yaitu dengan membuka tutup di bagian bawah radiator. Setelah semua terkuras, buka penutup di bagian atas radiator. Usahakan membuka tutup radiator disaat mesin mobil dalam keadaan dingin. Jika mesin panas, coba buka perlahan dengan menggunakan kain tebal supaya tangan tidak terkena air radiator yang panas. Lalu lakukan pengisian air radiator yang baru dengan menutup air radiator di bagian bawah dan tutup juga penutup dibagian atas radiator jika sudah penuh.

Cek selang radiator
Fungsi selang radiator sebagai penghubung dari mesin ke radiator. Serta sebagai saluran untuk cairan pendingin. Waktu untuk mengganti saluran radiator adalah ketika selang semakin renggang dan menurunnya daya tahan dikarenakan suhu dan tekanan air yang tinggi. Jika sobat Honda tidak menggantinya, maka mobil akan mengalami mogok atau overheat dan mengeluarkan suara bising dibagian mesin mobil.

Cek penutup radiator
Untuk yang ini amat sangat mudah dilakukan. Hanya dengan memeriksa karet seal yang ada di tutup radiator mobil. Mungkin sebagian para pengendara mengabaikan hal kecil ini. Jika tidak sering melakukan cek, maka mesin akan cepat panas karena sirkulasi air panas yang seharusnya dikirim ke reservoir menjadi terhambat.

Cek pengikat selang radiator
Terdapat perawatan lain yang juga sering diabaikan oleh para pengendara adalah klem selang radiator. Cobalah kalian periksa supaya tidak longgar. Jika sobat Honda tidak mengeceknya, bisa saja terjadi kebocoran yang mengakibatkan air radiator abis dan tentunya membuat mesin menjadi overheat. Jika mulai longgar, kalian cukup mengencangkan kembali mur yang ada di selang tersebut. Tetapi jangan terlalu keras. Karena bisa menyebabkan selang sobek.

Cek kipas pendingin
Untu perawatan yang satu ini cukup mudah dalam melakukan pengecekan. Kalian hanya perlu menyalakan mobil, lalu liaht kipas pendingin tersebut. Apakah kipas itu berputar secara otomatis atau tidak. Jika kipas mati, maka coba periksa cairan silikon dan tali kipas.

Cek pompa oli
Untuk perawatan terakhir, ini sangat penting dilakukan pengecekan, yaitu pompa oli. Bukan hanya menggunakan pendingin saja mesin mobil didinginkan. Tetapi juga menggunakan oli ini.
Nah itulah beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk melakukan perawatan radiator supaya ruang kabin dan mesin mobil selalu dalam keadaan baik.