Tips Menjaga Mobil Anda yang Benar dan Tepat

Tips Menjaga Mobil Anda yang Benar dan Tepat 


Mobil sendiri salah satu barang yang harus dirawat dengan ekstra. Untuk Anda pengguna mobil, berikut ini merupakan perawatan mobil yang benar dan tepat terutama untuk mobil merk Honda. 
Honda HRV Prestige


  1. Mengganti Oli Secara Berkala Oli merupakan salah bahan terpenting dalam mobil. Oleh karena itu anda harus rajin mengganti oli secara berkala. Hal ini untuk mencegah adanya kerusakan pada mesin mobil sehingga anda tetap nyaman saat mengendarai mobil tersebut. Bila anda pengguna mobil Honda, sebaiknya anda tidak memakai oli dengan kekentalan SAE 20W/50, pilihlah oli dengan kekentalan SAE 10W/40 hal ini karena mobil honda merupakan mobil yang memiliki kerenggangan rapat disetiap komponen. 
  2. Memeriksa Ban Mobil Selain rutin melakukan pemeriksaan pada oli mobil honda, anda juga harus selalu rajin memeriksa ban mobil anda terutama jika anda hendak menggunakan mobil tersebut. Periksalah tekanan atau ketebalan ban mobil yang baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan akibat ban yang kurang tekanan. Usahakan, jika ada berpergian harus menjaga ban cadangan.
  3. Memeriksa Knalpot Selanjutnya anda dapat memeriksa pada bagian knalpot mobil untuk memastikan jika tidak ada penyumbatan pada knalpot. Sehingga mobil anda tetap akan enak digunakan. 
  4. Membersihkan Pump Mobil Untuk membersihkan pump mobil Honda, anda akan membutuhkan beberapa alat seperti kunci sok 10, tang, sikat gigi, obeng plus serta injector cleaner. Dalam membersihkan bagian pump mobil anda juga harus berhati-hati agar tidak ada bagian yang rusak.
  5. Memeriksa Pelumas Minyak pelumas sendiri memiliki tugas untuk membuat lancar komponen-komponen pada mobil seperti rem, power steering, cairan transmisi, mesin cuci pelarut dan antibeku. Bila saat anda melakukan pengereman mobil mulai bergetar, itu adalah tanda dimana permukaan piringan rem sudah tidak rata. Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu peranti penghenti laju. 
  6. Memperhatikan Lampu Mobil Anda dapat memeriksa lampu-lampu pada mobil baik pada bagian depat maupun bagian belakang. Hal ini pun bertujuan untuk menjaga keamanan anda saat mengendarai mobil. Bila ada salah satu lampu yang sudah tidak berfungsi, anda bisa segera menggantinya. 
  7. Memeriksa Sabuk Mesin Selanjutnya, anda harus memastikan jika sabuk mesin yang terdapat pada setiap knicks akan terikat dengan baik. Hal ini agar menghindari kerusakan mesin yang lebih parah. 
  8. Memeriksa AC Bila AC mobil Honda anda serasa kurang dingin hal itu mungkin disebabkan oleh menyusutnya Freon karena terdapatnya kebocoran. Oleh karena itu pengisian atau penambahan Freon sangatlah dibutuhkan untuk menangani masalah ini. Anda harus benar-benar menjaga komponen AC yang tergolong banyak mulai dari kondensor, kompresor, dyer, katup ekspansi, magnet clutch, blower, serta fan AC. Pengguna mobil memang dianjurkan untuk memberikan perawatan yang khusus pada mesin-mesin mobil agar kenyamanan dan keamanan tetap terjaga.