Ini Pemicu Rem Blong dan Tips Saat Mengalaminya

Hal-Hal yang menjadi Pemicu Rem Blong dan Tips Saat Mengalaminya


Rem blong sering kali memicu kecelakaan mobil. Karenanya harus sering mengecek bagian ini. Agar lebih nyaman dan aman dalam berkendara. Apa penyebab rem blong? Lakukan tindakan ini bila sampai mengalaminya!

Kondisi yang Memicu Rem Blong

Tips Rem Blong

Berbagai kondisi bisa mengakibatkan rem blong, apa saja?


  • Kampas rem yang mulai menipis bahkan habis

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui waktu ideal mengganti kampas rem. Indikator kampas mulai menipis adalah terasa ada gesekan kasar ketika menginjak pedal rem. Penyebabnya adalah komponen piringan rem yang bergesekan dengan kaliper. Periksalah kampas rem setiap mobil sudah menempuh jarak 10 ribu km. Dan laukan perawatan dan periksalah secara berkala pada Dealer Resmi terdekat.

  • Saluran minyak mengalami kebocoran

Umur selang yang sudah tua, tekstur permukaan yang pecah-pecah, dan terdapat kebocoran merupakan pemicu minyak rem bocor. Keadaan ini yang mengakibatkan rem mobil menjadi blong.

  • Tersumbatnya selang minyak rem juga bisa memicu rem blong

Selang minyak dan minyak rem harus diperhatikan. Karena biasanya sistem pengereman menerapkan tekanan fluida. Jangan terlalu sering membuka tutup dari tabung minyak rem. Karena memicu kotoran masuk dan memicu penyumbatan. Akibatnya rem tidak bisa berfungsi dengan sempurna.

  • Kualitas minyak rem rendah 

Kontaminasi kotoran atau minyak sudah basi bisa memicu rem blong. Karena itu, dianjurkan untuk mengganti minyak rem maksimalnya setiap tahun.  Suhu minyak rem juga bisa bermasalah, karena mempengaruhi daya tekan saat pengereman.

Jangan Panik! Lakukan Ini Saat Rem Blong


Saat berkendara dan Anda barus memahami kalau remnya blong, apa yang harus dilakukan? Anda harus tenang dan jangan panik. Setelah itu, bisa melakukan berbagai tindakan ini agar tidak membahayakan jiwa Anda dan penumpang lainnya.

  • Kalau rem mobil sudah menerapkan teknologi ABS (Anti Lock Breaking System), Anda bisa terus memompa rem. Tujuannya adalah untuk mengembalikan tekanan remnya.
  • Kalau saat menginjak pedal rem terasa keras, bisa jadi ada permasalahan di bagian tersebut. Bisa jadi karena ada benda yang mengganjal di pedal remnya. Periksa kondisinya dengan merabanya menggunakan kaki. Bisa juga meminta penumpang lain guna mengeceknya.
  • Kalau kedua tips tersebut tidak efektif diterapkan, Anda bisa menggunakan engine break. Caranya gigi transmisi diturunkan ke tingkatan lebih rendah. Untuk mobil manual bisa menurunkan gigi transmisi secara bertahap tapi cepat. Untuk mobil matic bisa menerapkan cara sebaliknya. Bisa langsung menurunkan gigi ke tingkatan terendah. Nah, dengan cara itu laju mobil bisa diperlambat.
  • Kalau semua cara di atas tidak memberikan efek, bisa mengandalkan rem tangan. Tetapi penting untuk menariknya dengan hati-hati. Anda harus melakukannya dengan perlahan, jadi tidak mendadak. Karena bisa mengakibatkan Anda sulit mengendalikan kemudi mobilnya.
  • Mengatur tekanan rem tangan sampai laju kendaraan melambat.
Sekian info mengenai "Tips Saat mengalami rem blong

Need a new car???

"Ingat Honda Ingat Lucky" Dapatkan Promo Mobil Honda, Hanya Bulan ini 😉
Silahkan hubungin Sales terbaik kami, untuk mendapatkan penawaran dan  promo menarik mobil honda ;

LUCKY

0813 8340 3402 (Call/Wa)

Sales Consultant Honda

atau bisa klik tombol di bawah ini, untuk langsung terhubung Via whatsApp :

Kami Melayani pembelian mobil Honda baru PLAT B Wilayah JABODETABEK