7 Tips Mudik yang aman dan nyaman dengan kendaraan Pribadi

TIPS MUDIK LEBARAN


Hai, Honda Lovers, Lebaran tinggal menghitung hari, musim mudik pun kini sudah tiba. Bagi perantau, pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya idul fitri bersama dan berkumpul dengan keluarga merupakan suatu momen yang sangat dinantikan. 
tips mudik
Mudik merupakan tradisi tahunan terutama di Indonesia. Asal kata mudik merupakan singkatan dari bahasa jawa, yaitu "Mulih Dhisik" atau artinya dalam bahasa Indonesia adalah pulang sebentar ke kampung ha;aman, hometown, atau negara asal. Saat ini ada beberapa pilihan untuk mudik, menggunakan transportasi umum seperti pesawat (lagi mahal katanya menurut berita), kereta api, mobil pribadi, motor, bis, dan lain sebagainya.

Hal yang penting diperhatikan ketika mengambil keputusan untuk pulang kampung menggunakan kendaraan umum, adalah memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya sehingga dapat mengantisipasi kehabisan tiket atau pun kenaikan harga tiket. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi merupakan pilihan yang paling enak ketika mudik atau pulang kampung, seperti naik mobil atau motor pribadi karena Anda akan lebih menghemat biaya khususnya naik motor, dan bebas menentukan jadwal keberangkatan sesuai waktu yang Anda inginkan.

Namun juga perlu diperhatikan bahwa, ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi juga memiliki resiko, seperti tidak hafal jalan atau rute ( sekarang mah enak, pake GPS hehehe..), macet di jalan yang tidak terprediksi, lelah, mengantuk. 

Berikut ini kami berikan beberapa tips penting, untuk para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi sehingga lancar di jalanan dan aman sampai tujuan :

1. Memeriksa Kondisi Kendaraan Mobil atau Motor

Yang pertama perlu dan sangat penting diperhatikan adalah mengecek kondisi kendaraan pribadi Anda, seperti mobil atau motor di bengkel terdekat. bila perlu sebelumnya Anda menyempatkan service di bengkel resmi sehingga kondisi mobil Anda oke dan layak.

Untuk motor Anda dapat mengecek kondisi rem, oli, dan ban. sedangkan mobil dapat dicek mesinnya, rem, oli, air bags dan spooring dan balancingnya.
tips mudik lebaran


2. Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Patuhi lalu lintas merupakan hal yang sangat penting ketika perjalanan mudik, bagi Anda pemudik motor atau mobil. seperti lampu merah, memasang seatbelt bagi yang menggunakan mobil dan menggunakan helm berstandar SNI dan nyalakan selalu lampu khusus untuk yang menggunakan motor.

3. Mengaktifkan GPS atau aplikasi Peta lainnya

Bagi Anda yang belum begitu hafal jalan atau sedang mencari jalan alternatif saat mudik, aplikasi peta seperti google map, waze dan lainnya dapat sangat membantu demi kelancaran mudik Anda. Aplikasi map ini juga akan menguras baterai handphone Anda, sehingga disarankan sebelumnya untuk membawa charger atau power bank.

4. Bawa uang Tunai secukupnya

Uang tunai juga sangat penting ketika perjalanan mudik, karena tidak semua tempat  perjalanan yang dilalui tersedia ATM, dan begitu juga toko, yang pembayaran tidak selalu menggunakan kartu kredit atau debit. Seingga Anda memerlukan uang tunai secukupnya, tidak perlu berlebihan, asal cukup saja.
tips mudik, membawa uang secukupnya

5. Hindari mengangkut Penumpang melebihi kapasitas

Demi keselamatan dan kenyamanan pada saat perjalanan mudik, mengangkut penumpang sesuai dengan kapasitas kendaraan Anda merupakan hal yang sangat bijak. Pada dasarnya setiap kendaraan memiliki kapasitas penumpang nya masing-masing. 

Ketika terjadi kelebihan beban akan sangat membayakan keselamatan Anda. Misalnya untuk mobil 7 seater untuk orang dewasa atau mobil 5 seater, sedangkan motor untuk 2 orang dewasa, kapasitas normalnya adalah 2 orang, namun jika Anda memiliki seorang anak kecil dib awah 7 tahun, maka berkendara masih diperbolehkan.

6. Bawa Minuman dan Makanan secukupnya untuk bekal

Saat diperjalanan panjang, tol, atau jalan kecil berpotensi mengalami kemacetan, dan ketika kondisi Anda lapar dan haus akan mempengaruhi konsentrasi Anda saat menyetir tentunya, sehigga disarankan membawa makan dan minuman untuk bekal di jalan secukupnya. Anda dapat menyiapkan makanan ringan selama perjalanan, seperti roti, buah, atau snack. Bahkan sebelu perjalanan disarankan untuk makan terlebih dahulu, atau di rest area Anda juga dapat makan.

7. Istarahat Saat kelelahan

Saat berkendara dalam perjalanan yang jauh, akan sangat berpotensi embuat badan Anda capek dan lelah. Jangan memkasakan diri untuk terus mengemudi di saat kondisi Anda mengantuk atau sudah kelelahan. Menepilah sejenak atau meilipir ke tempat istrahat atau rest area terdekat, hanya untuk istarhat meuluruskan kaki, tidur sejenak , makan, atau beribadah. Hal ini akan membuat tubuh Anda kembali fit untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. Yang penting selalu miliki prinsip berkendara yang aman dan nyaman, oleh karena itu istrahat menjadi hal penting. 

Mengutamakan Keselamatan

Demikianlah tips dari kami, untuk Anda yang sedang perjalanan mudik ke Kampung Halaman. Semoga selamat sampai tujuan dan bertemu dengan sanak keluarga tercinta :)

Need a new car???

"Ingat Honda Ingat Lucky" Dapatkan Promo Mobil Honda, Hanya Bulan ini 😉
Berikut kami tampilkan promo mobil honda bulan ini, untuk yang berimnat silahkan hubungi sales consultan kami, nomer dan whatsapp tertera di bawah ini :

Dapatkan promo mobil Honda untuk bulan Juni 2019
* New Honda HRV, Anda akan mendapatkan Free Paket Hemat untuk service, dan program pembelian mobil honda untuk Honda Loyalis dan Education.

* Honda BRV old Model, mendapatkan BIG Surprise Free Paket Hemat 1 untuk service, dan Top up saldo gopay Anda senilai Rp 1.6Juta

* New Honda BRV Model
Anda akan mendapatkan BIG Surprise Paket Hemat. Loyalis/Additional/Upgrader 

* Honda Mobilio
BIG Surprise [aket Hemat1 dan Top Up saldo gopay 2Juta, Loyalis dan education

* Honda Brio
Anda akan mendapatkan Free Paket Hemat 1, Loyalis dan Education

Dan dapatkan penawaran terbaik dari kami dan promo-promo lainnya, hanya bulan ini !!!
(S&Kb)

Hubungi segera sales dibawah ini dan konsultasikan kebutuhan mobil Impian Anda bersama kami!

081383403402
( Telp dan Whatsapp )
LUCKY - Honda
atau klik link WA di bawah ini