Langkah-langkah Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil

Langkah-langkah Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh dengan Mobil 


Menggunakan mobil untuk pergi ke suatu tempat dengan memakan jarak tempuh yang panjang memang lebih menguntungkan. Namun ada berberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan dengan mobil Honda.
Mobil Honda

1. Memastikan Volume Oli Mesin 

Memeriksa oli mesin merupakan hal yang sangat wajib dilakukan untuk anda yang akan melakukan perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan level oli yang terdapat pada stik oli. Anda harus memperhatikan jika volume oli berada diantara L dan F. Jika kurang, anda bisa menambahkannya. 

2. Ban 

 Memeriksa ban tergolong hal penting berikutnya, bila anda akan melakukan perjalan yang jauh. Tekanan normal pada ban berkisar 30-34 psi. Kondisi fisik dari ban juga harus diperhatikan. Bila ban luar mobil anda sudah menghalus, anda harus segera menggantinya. Untuk menghindarkan diri dari kecelakaan yang disebabkan oleh mobil tergelincir.

 3. Air Radiator 

Jika anda menemukan selang yang mengalami kegembungan atau keretakan, anda harus menggantinya karena untuk menghindari pecah ditengah perjalanan jauh anda. Oleh karena itu anda harus memastikan jika air radiator terisi penuh serta pada air reservoir yang harus sampai pada batas level atau tidak terlalu penuh saja.

4. Filter dan Selang Bensin 

Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh adalah memeriksa filter dan selang untuk bensin. Anda dapat memastikkan jika selang untuk menampung bahan bakar tidak terdapat keretakan ataupun kebocoran. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kebersihan filter mobil agar tidak tersumbah. Untuk anda, yang memiliki mobil sebaiknya melakukan pengecekan mesin-mesin secara berkala agar saat akan melakukan perjalanan jauh, anda lebih memiliki kesiapan yang matag.

5. Saringan Udara 

Saringan udara biasanya akan digunakan hingga jarang tempuh 10,000 km. Oleh karena itu, sebelum anda melakukan perjalanan yang jauh, ada baiknya anda mengganti saringan udara mobil Honda anda.

6. Memeriksa AC 

Pengguna mobil Honda haruslah rajin pula melakukan perawatan pada AC mobil Jika belt kips mobil sudah mengalami keretakan, anda harus segera menggantinya. Selanjutnya, anda juga dapat memastikan ketegangan tension belt agar AC dapat berputar secar optimal. Untuk anda yang ingin memeriksa kipas mesin sudah berjalan dengan sempurna, anda dapat memperhatikan pada jarum pointer untuk menunjukkan temperature.

7. REM 

Penggunaan rem sangat dibutuhkan saat mengendarai berbagai jenis transportasi tidak kecuali untuk mobil. Rem sendiri dapat digunakan saat anda akan berhenti ketika berada dilampu merah ataupun untuk keadaan lainnya dimana mobil anda harus berhenti. Oleh karena itu, perawatan rem juga dibutuhkan terutama level minyak rem yang harus diberikan. Jika minyak rem berkurang dari level batas minimal, kemungkinan besar terdapat kebocoran pada sistem rem.

8. Lampu Dan Wiper 

Anda dapat melakukan pemeriksaan pada seluruh fungsi Lampu mobil dan usahakan segera mengganti lampu jika terdapat lampu yang tidak berfungsi. Serta menjaga wiper yang berguna untuk mebersihkan kaca depan mobil saat ada hujan.