cara memperbaiki starter mobil rusak

Cara Memperbaiki Starter Mobil Rusak


Pada setiap kendaraan mobil, starter merupakan komponen yang penting untuk menghidupkan mesin dan mencoba menjalankan sebuah mobil. Tentunya ini menjadi hal utama yang para pengendara perhatikan perawatannya. Nah kali ini HondaCiledug.com ingin membantu para sobat Honda yang pernah mengalami kerusakan pada starter mobil kalian. Untuk komponen ini sendiri memang sangat jarang terjadi kerusakan. Tetapi tidak menutup kemungkinan suatu saat jika tidak melakukan perawatan dengan baik, maka komponen ini bisa mengalami kerusakan. Jika komponen starter rusak, maka mobil tidak akan bisa dihidupkan.
Starter Mobil Honda
Untuk setiap kerusakan, tentunya sistem teknologi mobil Honda akan memberikan tanda kepada pemilik mobil, supaya lebih mempermudah dan mempercepat proses penanganan masalah yang terjadi. Tanda yang sering terjadi jika starter rusak yaitu :
Lampu dashboard hidup dan saat starter mengeluarkan bunyi gelitik.
Lampu dashboard hidup dan starter tidak bisa. Tetapi lampu dashboard berkedip.
Lampu dashboard mati dan tidak bisa di starter.
Starter berfungsi tapi mesin tidak tidak berputar dan mengeluarkan bunyi gesekan.
Penyebab seperti diatas merupakan suatu indikator dinamo pada starter bermasalah. Cobalah beberapa tips berikut untuk menanganinya sendiri.

Cek AKI
Saat lampu dashboard hidup dan ketika di starter tidak bisa berfungsi dan lampu dashboard hanya hanya berkedap – kedip, itu tandanya aki lemah. Sehingga tidak cukup kuat untuk menyalurkan arus dan memutarkan flaywheel. Coba periksa kleman kabel positif dan kabel negatifnya pada aki mobil. Mungkin kurang terpasang dengan  baik atau terdapat karat pada kawat kabel. Jika terjadi seperti itu, bersihkan kabel dari karat dan kencangkan kabel positif dan negatifnya pada aki mobil. Tapi jika kabel tidak ada masalah, mungkin aki kalian yang bermasalah. Jika Cobalah untuk jumper atau melakukan cas di service aki.

Cek gigi starter
Jika terdapat suara “kreeeekkkk” dan mesin tidak hidup, itu menandakan kerusakan pada gigi starter atau flaywheel mobil yang sudah mengalami keuasan. Jika terdapat aus disatu sisi, itu tidak jadi masalah. Kalian teruslah melakukan strater, maka mesin mobil akan hidup kembali. Namun walaupun begitu, sobat Honda tetap harus memeriksanya dibengkel.

Cek soket dinamo starter
Jika kalian sudah periksa periksa aki ternyata masih belum ada tanda starter hidup, periksalah kabel kecil yang terhubung pada dinamo starter apakah terputus atau tidak. Jika tidak, cobalah periksa sekring  dan relay. Tapi jika saat starter terdengar bunyi “klek”, maka bukan sekring dan relay yang bermasalah. Jika semua baik – baik saja tetapi starter masih belum berfungsi, kalian harus periksa ke ahli dinamo untuk melakukan perbaikan. Namun jika sobat Honda sedang berada dijalan atau berada ditempat yang jauh dari bengkel mobil, maka cobalah untuk melakukan starter dengan cara mendorong mobil kalian sambil melakukan starter. Tentunya cara ini membutuhkan lebih dari satu tenaga manusia untuk mendorongnya.

Selain penanganan permasalahan diatas, ada baiknya sobat Honda melakukan pengecekan pada kabel yang terhubung ke AKI mobil kalian. Karena mungkin saja kualitas kabel mobil yang terhubung ke AKI sudah kurang baik dan harus diganti. Namun untuk pengecekan kualitas kabel mobil, butuh ketelitian yang tinggi. Karena jumlah kabel yang besar dan banyak bisa memakan waktu cukup lama dalam melakukan pemeriksaan.

Tips diatas merupakan penanganan awal yang mungkin bisa kalian lakukan sendiri. Untuk penanganan khusus, cobalah bawakan kendaraan kalian ke spesialis starter mobil. Semoga tipsnya bermanfaat bagi kalian.