indikasi kerusakan ac mobil

Indikasi Kerusakan AC Mobil


Kami ingin membagikan tips lagi nih untuk sobat Honda. Untuk kali ini, tips tentang bagaimana cara indikasi ac yang bermasalah dan cara merawatnya supaya awet. Dalam sebuah perjalanan, baik itu jarak dekat ataupun jauh, AC merupakan hal terpenting untuk menyejukkan ruangan didalam kendaraan mobil saat diperjalanan. Tentunya dengan adanya AC, kita sebagai pengemudi ataupun penumpang tidak akan merasa kepanasan. Namun jika AC ini bermasalah, maka efek yang ditimbulkan cukup beragam. Mulai dari suhu ruangan, sampai ke mesin mobil. Sebelum terjadi kerusakan, tentunya sistem pada komponen ini sudah memberikan tandanya. Terkadang masih banyak orang yang belum mengetahui tanda seperti apa saja yang mengindikasikan kalau AC bermasalah.

Jika mobil masih baru, maka semuanya masih sangat baik. Tapi jika sudah lama, maka kita harus rajin – rajin untuk melakukan perawatan supaya komponen – komponen pada mobil bisa bertahan lebih lama lagi.

Untuk sobat Honda yang masih belum mengerti tentang tanda – tanda tersebut, kami akan berikan pengetahuan tentang indikator yang diberikan oleh sistem AC mobil.

Tanda umum yang paling terasa saat AC sedang bermasalah adalah suhu udara yang terasa panas atau tidak terasa dingin sama sekali, walaupun suhu AC sudah dinaikkan temperaturnya menjadi sangat tinggi. Tetapi tetap terasa seperti kipas angin. Tidak ada dinginnya sama sekali.
Jika sudah seperti itu, maka lakukan pengecekan pada :

Filter AC
Tujuan dari filter AC adalah menyaring debu dari udara ke blower AC. Jika ternyata kotor, lakukan pembersihan supaya kotoran tidak menempel dan filter berfungsi dengan baik.

Kondensor AC
Komponen ini terletak di bagian depan kendaraan mobil kalian. Periksa apakah komponen ini kotor atau tidak. Jika kotor, maka coba bersihkan dengan menyemprotkan air sehingga kotoran hilang. Lalu, pastikan juga bagian – bagian pada kondensor ini tidak ada yang tertekuk atau sampai patah. Karena jika itu terjadi, maka akan mengakibatkan kebocoran.

Kompresor AC
Jika kalian ingin menaikkan temperatur AC ke yang lebih tinggi dan terdengar bunyi seperti gesekan, maka permasalahan ini bukan karena kotor atau ada sesuatu yang penyok. Melainkan karena kurangnya atau habisnya oli yang ada pada kompresor, Piston, atau AS yang kurang presisi pada tempatnya.

Motor Blower Evaporator
Pernahkah sobat Honda ingin menghidupkan AC, tetapi saat di Switch ON, blower tidak hidup dan terasa tidak dingin. Untuk indikasi ini, cobalah kalian periksa  blower pada evaporator. Mungkin terdapat kabel listrik yang putus. Atau jika keadaan luar baik – baik saja, maka kalian harus mengganti motor blower evaporatornya.

Ada juga kerusakan yang memiliki tanda keluar asap putih dari selah – selah AC. Ini disebabkan karena evaporator mengalami pembekuan karena kotor atau rusak dan suhu AC selalu dihidupkan pada termostat tertinggi. Jika pada keadaan darurat, kalian bisa mencairkan evaporator yang beku. Setelah itu, cobalah untuk service di spesialist AC mobil.

Kipas Kondensor
Jika kipas kondensor tidak berfungsi dengan baik, cobalah periksa dan perbaiki dibagian sekring, kabel, konektor elektrik blower, dan soket kabel. Cobalah periksa juga relay pada motor kipas. Jika ada kerusakan, maka harus diganti. Kerusakan ini terjadi jika AC yang dinyalakan, tetapi tidak dingin.

Nah itulah beberapa ciri – ciri kerusakan umum yang sering dialami saat AC mobil bermasalah. Tentunya tips diatas hanya berupa pencegahan awal saja. Ada baiknya jika kalian memeriksanya ke service Honda terdekat. Jagalah selalu kendaraan kalian dengan perawatan yang baik.