Perawatan Sunroof Mobil Simple dan Mudah

Perawatan Sunroof Mobil Simple dan Mudah 

Perawatan Sunroof Mobil
Sobat Honda sudah tau kan, sunrof itu apa ? yep, itu adalah jendela yang ada dilangit mobil kalian. Dimana sunroof sendiri digunakan untuk melihat langit, penyegar udara, atau bisa untuk melihat – lihat alam sekitar saat sobat Honda berada di tempat yang banyak pohon, bintang – bintang indah dimalam hari. Jika kalian ingin menikmati fasilitas sunroof ini, tersedia pada mobil tingkat menengah keatas. Fasilitas sunroof ini memberikan kesan mewah pada suatu kendaraan.

Sunroof Honda HRV Prestige
Sunroof didesain untuk bebas maintenance. Tetapi, untuk memperpanjang umur, tentu kita harus merawat sesuatu yang kita punya. Karena jika fasilitas sunroof rusak, maka untuk memperbaikinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu perawatan seperti apa sih, yang harus dilakukan untuk memperpanjang penggunaan sunroof ini ?

Jika kalian jarang menggunakannya lagi atau belum ada waktu untuk melakukan perawatan sunroof, cukup membuka dan menutup beberapa kali dalam sebulan. Cara simple tersebut sangat mudah dilakukan. Karena tidak membutuhkan waktu lebih atau hari libur untuk melakukannya. Jika sobat Honda sedang bepergiaan atau berangkat kerja, sesekali cobalah membuka dan menutup sunroof. Tujuannya ialah untuk menjaga tetap licin atau tidak keset saat ingin digunakan.

Lalu jika sobat Honda memiliki sedikit waktu untuk perawatan, mungkin bisa membersihkan sunroof dari debu atau pasir yang menempel di sela – sela buka tutup sunroof.  Lalu dibagian karet, kalian bisa menggunakan cairan silicon spray yang berguna untuk menjaga elastisitas saat sunroof terpapar sinar matahari. Bagian karet merupakan hal terpenting dari sunroof. Bersihkan juga jalur air sunroof dari genangan air karena kotor. Jika terdapat genangan air, maka bisa mengakibatkan karat.
Jika menginginkan gerak buka tutup sunroof lancar, semprotkan cairan pembersih dan penghilang karat pada jalur buka tutup sunroof.

Lalu cara yang paling mudah lagi, parkirkan kendaraan mobil kalian ditempat yang teduh, menghindari pohon yang bergetah, dan parkir ditempat tertutup atau bebas debu.
Untuk melindungi fasilitas sunroof pada kendaraan mobil sobat, maka disarankan untuk memasang kaca film pada kaca sunroof. Pasti dari kalian ada yang belum tau kalau sunroof ini bisa menggunakan kaca film. Nah, kami akan berikan infonya nih untuk sobat Honda.
Kaca sunroof memang memiliki fitur penolak panas dari sinar UV. Ada yang berpikir, “untuk apalagi kaca film ?”

Memang benar. Tapi bukankah lebih baik jika proteksi sinar UV ditambah supaya lebih nyaman ?
Kaca pelindung ini juga bisa mengurangi sunroof dari debu ataupun pasir yang dapat mengotori sunroof. Memasang kaca film juga bisa digunakan untuk perawatan sunroof itu sendiri. Manfaat lainnya jika menggunakan kaca film, jika terjadi benturan dari atas kendaraan mobil kalian mengenai sunrrof, maka pecahan kaca tidak langsung jatuh mengenai penumpang. Tentunya ini amat sangat membahayakan penumpang, karena bisa mengakibatkan luka yang cukup serius dari runtuhan pecahan kaca yang hancur. Kaca film dapat menahan pecahan kaca yang jatuh dari benturan benda keras. Sehingga penumpang bisa terlindungi dari bahaya.

Ada banyak varian kaca film yang tersedia di tempat aksesoris. Tentunya terdapat harg dari yang murah sampai mahal. Tergantung sobat Honda memilihnya.

Nah, itulah tips perawatan yang bisa di lakukan terhadapt mobil kesayangan kalian. Bukan hanya perawatan, melainkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang.