tips parkir mobil di tanjakan atau turunan

Tips Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan


Sobat Honda ada yang sering jalan – jalan ke puncak atau tinggal di daerah pegunungan ?
Pasti dari kalian pernah merasakan khawatir tentang lahan parkir yang menanjak atau menurun. Bagi kalian yang ahli, medan apapun bukanlah halangan dan rintangan. Tetapi bagi para pemula, mungkin ini masalah besar yang membuat kita selalu merasa khawatir atau was-was.
Kali ini, kami ingin membagikan tips pada sobat Honda yang merasa khawatir saat memarkirkan kendaraan mobil kalian di tanjakan atau turunan.
Tips Parkir Mobil
Untuk tips kali ini, khusus bagi para sobat Honda yang memiliki kendaraan mobil manual saja. Karena untuk mobil matic, sistem pengereman yang telah digunakan sudah sangat baik. Walaupun berada di kondisi tanjakan ataupun turunan, mobil matic tidak akan pernah bisa merosot saat parkir atau berhenti karena macet. Cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi P dan menggunakan rem tangan, maka kendaraan mobil matic sudah sangat aman dari kata “merosot”.
Untuk sistem pengereman kendaraan mobil manual, juga sudah cukup baik. Tetapi untuk di posisi tanjakan atau turunan, butuh penanganan khusus. Ada cara penanganan khusus pada pengereman mobil manual, yaitu :

Caranya adalah dengan memanfaatkan ban mobil saat parkir di tanjakan ataupun turunan. Untuk cara ini, kita lihat kondisi sekitar dan tempat dimana mobil kita akan parkir. Apakah terdapat trotoar atau tanah lapang ?

Jika terdapat trotoar, maka belokkan ban kendaraan mobil kalian secara penuh ke arah trotoar tersebut. Dengan cara tersebut, jika mobil kalian merosot, maka kendaraan kalian akan terhenti dikarenakan ban mobil terpentok oleh trotoar jalan. Alhasil, body mobil kalian tidak akan lecet akibat tertabrak trotoar. Dan jika terdapat tanah lapang ataupun rumput, caranya sama. Yang membedakannya adalah bagaimana mobil tersebut dapat berhenti. Pada saat mobil merosot ketanah atau rumput, maka mobil secara otomatis akan berhenti. Karena mobil tidak bisa merosot pada permukaan tanah atau rumput. Alhasil, tanah atau rumputlah yang membantu pengereman mobil supaya tidak merosot.

Setelah kalian membelokkan ban secara penuh, pindahkan posisi tuas transmisi ke posisi gigi nomor 1 jika kendaraan mobil pada posisi menurun. jika kendaraan mobil kalian berada dalam posisi menanjak, makan cobalah untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi R. Untuk berjaga – jaga, kalian bisa mengganjal mobil kalian dengan batu supaya lebih aman lagi secara menyilang. Jika pada ban depan diganjal batu di sisi kanan, maka untuk ban belakang ganjalah di sisi kiri. Setelah itu, gunakan rem tangan supaya kendaraan mobil kalian tidak bergerak maju ataupun mundur.
Tips Parkir Mobil di Tanjakan
Dengan cara yang telah dilansirkan, maka sobat Honda tidak perlu khawatir mobil akan merosot.
Untuk parkir ditempat yang datar, kalian tidak perlu tips diatas. Karena parkir datar lebih mudah dibandingkan parkir pada posisi kendaraan menurun atau tanjakan. Cukup dengan menggunakan rem tangan dan memindahkan tuas transmisi pada posisi P saja sudah cukup.

Untuk sobat Honda, cobalah selalu merawat sistem pengereman seperti rem tangan dan kampas rem. Supaya kalian merasa aman dan tidak khawatir saat berada dikemacetan atau parkir di tanjakan dan turunan.