Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama

Tips Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama - Hai para sobat Honda. Pasti kalian pernah bepergian jauh tanpa menggunakan kendaraan pribadi. Seperti mudik atau pulang ke kampung halaman. Pada jangka waktu yang panjang tersebut, pasti kalian pernah mendengar tips dan trik untuk menghemat kelistrikan kendaraan mobil kalian. Salah satu tipsnya adalah dengan melepas aki mobil ketika ingin bepergian jauh dengan kurun waktu yang sangat lama. Dengan kesimpulan bahwa jika saat pulang nanti, mobil tidak mengalami kehabisan daya listrik untuk melakukan starter.

Tips Meninggalkan Aki Mobil
Mungkin sebagian ada benarnya juga. Cara tersebut sangat dianjurkan bagi para pengendara yang memiliki mobil dibawah tahun 200-an. Lebih tepatnya untuk mobil jadul atau kuno. Tapi, untuk sobat Honda tak perlu susah payah untuk melepas aki mobil kalian. Karena saat ini, produk mobil Honda sudah mengalami peningkatan. Salah satunya yaitu tidak perlu melepas aki mobil kendaraan saat akan ditinggal dalam waktu cukup lama. Kenapa sih pada mobil keluaran dibawah tahun 200-an harus melepas aki ?
Penyebabnya adalah kualitas dari kabel kelistrikan pada produk mobil pada jaman dahulu. Kabel listrik yang digunakan mengandung platina. Banyak sekali kekurangan yang terdapat jika masih menggunakan kabel platina untuk pengapian kendaraan mobil kalian. Pada perkembangan produk mobil Honda, sudah tidak menggunakan platina. Produk kendaraan mobil Honda saat ini telah dirancang dengan teknologi tinggi. Saat ini mesin mobil Honda mengunakan sistem yang computerize. Sehingga semua control mesin, kelistrikan, dan kerusakan-kerusakan yang terjadi dapat diketahui dengan cepat oleh para teknisi.
Terdapat beberapa komponen yang memerlukan listrik untuk men-supply ke control unit.Berbeda dengan kendaraan mobil yang masih menggunakan platina. Jika ingin mengontrol mesin atau memperbaiki kerusakan. Para teknisi harus menganalisa satu persatu setiap bagian. Cara tersebut tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama.
Coba sekarang kalian cek. Mobil kalian tergolong kendaraan yang keluar tahun diatas 2000-an, atau di bawahnya. Jika diatasnya, maka tidak perlu mencopot aki mobil kalian. Semua sudah terkontrol dengan baik oleh sistem yang ada pada kendaraan mobil sobat Honda. Jika kalian tetap ingin menggunakan cara lama, yaitu melepaskan aki mobil supaya awet, maka yang terjadi semua sistem akan reset ulang. Salah satunya yang ikut tereset saat aki mobil dilepas adalah jam pada mobil kalian. Mungkin itu tidak terlalu diperhatikan.
Karena menurut kalian, itu tidaklah fatal. Tetapi, jika tetap melakukan pelepasan aki mobil, jangan heran jika disaat kalian pulang dari perjalanan dan ingin menghidupkan mobilnya kembali, maka mobil yang kalian lepas akinya tidak akan nyala. Karena semua sistem terhubung dengan AKI melalui sistem computerize. Jika ingin bepergian jauh dan meninggalankan kendaraan mobil anda, maka cukup dengan menggunakan alarm dan membawa kunci mobil yang kalian punya. Tidak perlu repot-repot melepas aki. Dengan begitu, perjalanan kalian tidak akan terganggu oleh pikiran aki mobil habis. Produk-produk Honda memang selalu memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi para pengemudi. Sumber : newsmedia.co.id