Ini Penyebab Timbulnya Gelembung di Kaca Film Mobil

Ini Penyebab Timbulnya Gelembung di Kaca Film Mobil - Para pengendara pasti sering berkendara menggunakan mobil disiang hari saat matahari sedang cerah. Tentunya sinar yang dipancarkan oleh matahari dapat menyilaukan penglihatan mata para pengendara. Sinar yang masuk ke mata terlalu banyak. Sehingga mata cepat lelah dan terasa sakit dan perih. Karena penyebab itulah para pengendara memilih untuk menggunakan kaca film untuk memfilter ultra violet dari sinar matahari yang masuk ke mata. Sehingga mata terasa nyaman, dan tidak menyilaukan saat berkendara.
Kaca Film Mobil
Seiring penggunaan kaca film untuk kenyamanan mata, terkadang memiliki permasalahan yang terjadi pada kaca film mobil. Permasalahan tersebut adalah timbulnya gelembung – gelembung yang timbul pada kaca mobil. Gelembung tersebut bukan menandakan kaca film telah kadaluarsa dan harus diganti. Gelembung – gelembung tersebut memang tidak berbahaya bagi para pengendara. Tetapi, kaca mobil tersebut terlihat kurang bagus saat di pandang. Bukan kualitas kaca film yang menyebabkan gelembung – gelembung itu muncul. Tetapi, yang menjadi penyebab terjadinya gelembung – gelembung tersebut dikarenakan kualitas lem yang digunakan saat pemasangan kaca film pada mobil. Kualitas lem tersebut tidak cukup bagus untuk merekatkan kaca film mobil dengan baik. Disaat terkena matahari secara langsung, maka lem tersebut kering dan terkelupas yang menyebabkan gelembung – gelembung itu muncul pada kaca film mobil.
Jika terjadi seperti ini, maka coba untuk menghubungi tempat pemasangan kaca film tersebut. Kaca film yang telah menggelembung, harus digsanti. Karena tidak bisa diperbaiki. Mintalah jasa kaca film untuk mengganti kualitas lem yang digunakan. Namun jika para pengendara baru measang kaca film mobil, perlu dilakukan perawatan – perawatan yang intensif yang dapat mencegah gelembung – gelembung datang kembali. Pada sebuah mobil, pasti memiliki fitur power window.Fungsi fitur ini pada sebuah mobil yaitu untuk membuka dan menutup pintu mobil dengan menggunaka saklar yang terdapat didalam pintu mobil. Disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan fitur power window untuk mencegah kerusakan pada lem.
Lem yang ada pada kaca film mobil membutuhkan sinar matahari yang lebih. Dengan sinar matahari yang langsung mengenai lem kaca film mobil, maka proses pengeleman pada kaca film mobil menjadi lebih cepat dan merata keseluruh sisi kaca mobil. Terkadang jasa pemasangan kaca film mobil memberikan informasi untuk tidak menggunaka fitur power window selama kurang lebih 2 x 24 jam setelah kaca film mobil dipasangkan. Hal tersebut dikarenakan untuk mengurangi kerusakan – kerusakan yang diakibatkan lem yang belum kering sempurna. Bukan hanya gelembung. Tetapi bisa juga kaca film yang terkelupas karena lem belum merekat dengan baik.

Penyebab lainnya adalah kesalahan dari pihak pemilik mobil untuk melakukan pemasangan yang cepat. Sehingga para teknisi melakukan pengeringan pada lem hanya menggunakan hairdryer. Pemanasan yang kurang merata dan rapih juga menjadi penyebab munculnya gelembung – gelembung pada kaca film mobil. Saran untuk para pengendara yang ingin memasang kaca film pada mobilnya, supaya tidak terburu – buru dalam pemasangan. Sehingga pengeleman dapat berjalan sempurna tanpa mengakibatkan gelembung – gelembung kecil pada kaca mobil. Sumber : otomotif.news.viva.co.id