Cara Kerja Mesin VTEC Honda

Cara Kerja Mesin VTEC Honda - VTEC adalah singkatan Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, yaitu adalah sistem variable pengontrolan katup yang dikembangkan oleh pabrik otomotif Honda untuk mesin bensin. VTEC ini merupakan inovasi dari pengontrolan katup yang pertama kali dibuat oleh seorang insinyur Honda, Kajitani Ikuo. Meskipun sebagian besar para pembuat mobil di seluruh dunia sudah mulai mengembangkan variable valve timing mereka sendiri, seperti Toyota dengan VVT-i, Mitsubishi dengan MiVEC, Nissan Neo-VVL, serta semacamnya. VTEC juga merupakan salah satu keberhasilan yang besar di dunia otomotif dan menjadi merek yang merupakan bagian integral dari konsumen sebagai identitas dari produk Honda itu sendiri.

Mesin VTEC Honda
Ilustrasi dari Honda VTEC
Dahulu pada awal tahun 80-an, permintaan untuk sepeda motor sport bertenaga tinggi melonjak naik, Honda memutuskan untuk memulai sebuah misi percobaan membuat sebuah mesin yang memiliki output mesin yang tinggi serta ketahanan mesin yang baik untuk motor. Setelah uji coba kelayakan, Team Research dan Development Honda memutuskan untuk membuat sebuah mesin yang bisa mendapatkan 200hp per liter serta idling mesin yang stabil. Team Research dan Development Honda menemukan bahwa mereka harus melakukan metode untuk melawan resistensi saluran masuk udara pada putaran mesin rendah hingga menengah.

Metode dari solusi tersebut adalah (Revolution-modulated valve control) atau bisa juga disebut HYPER VTEC, yakni sebuah mekanisme untuk mem-pause bukaan katup. Sistem ini memiliki fungsi tugas untuk menghentikan secara paksa beberapa katup bila diperlukan, mengoptimalkan aliran udara dan mencapai idling mesin yang stabil, serta meningkatkan kehalusan pada putaran mesin rendah hingga menengah. Mesin yang pertama kali menggunakan sistem REV ini adalah sepeda motor Honda CBR400F pada tahun 1983.
Dari teknologi REV yang sudah digunakan pada mesin sepeda motor, Honda memutuskan mengembangkan teknologi serupa VTEC untuk mobil dengan dua camshaft profile, yakni putaran mesin rendah hingga menengah dan untuk menengah hingga putaran atas. Mobil  Honda pertama yang menggunakan VTEC adalah 1989 JDM-spec Integra dan Civic CRX Sir, yang telah menggunakan mesin DOHC 160hp B16A.
VTEC pada awalnya dirancang untuk mesin (Double Overhead Camshaft)”DOC”, Variable Valve Timing dan Lift Electronic Control sanagat berperan sebagai switch dengan mode menghemat bahan bakar dan mode high performace. Hal ini dilakukan pada valve timing yang bergerak pada kecepatan rendah,serta profil cam yang kecil pada rpm mesin rendah untuk menekan konsumsi bahan bakar. Di sisi lain ketika mesin membutuhkan power yang lebih, VTEC mempercepat valve timing dan beralih ke profil cam yang lebih besar dan memungkinkan untuk membuka tutup katup lebih lama.

Peralihan pada camshaft low profile dimaksudkan untuk menekan konsumsi bahan bakar,dan untuk camshaft high profile dimaksudkan untuk meningkatkan daya pada output yang dilakukan melalui pin pengunci yang menghubungkan dua lobus camshaft independen pada kecepatan mesin tertentu. Itulah penjelasan cara kerja mesin VTEC Honda beserta ilustrasi dari mesin VTEC Honda dan satu nasehat penting jagalah selalu mensin anda agar peforma kendaraan anda tetap aman dan nyaman.
Sumber : otosia.com