Honda Selangkah Lagi Punya Mobil Otonomos

Honda Selangkah Lagi Punya Mobil Otonomos - Pernahkah kalian bayangkan jika sebuah kendaraan dapat berjalan sendiri tanpa dikendarai oleh manusia. Mobil jalan secara otomatis sesuai dengan perintah saja. Tanpa harus menginjak gas, rem, kopling, dan mengganti persnelling. Saat ini, perusahaan yang memproduksi kendaraan sedang merencanakan mobil yang dapat bergerak dengan sendirinya hanya dengan sebuah perintah. Mobil tersebut telah menjadi perbincangan hangat bagi perusahaan – perusahaan yang memproduksi mobil untuk meningkatkan penjualan dan memenuhi kebutuhan pasar. Setiap perusahaan sedang melakukan serangkaian uji coba untuk menciptakan sebuah kendaraan mobil yang otomatis dapat mengendarai sendiri. Kendaraan tersebut menjanjikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpangnya.

Mobil Otonomos
Kendaraan tersebut akan menjadi pencapaian terhadap masa depan yang cerah dan berteknologi. Salah satu perusahaan yang mengembangkan mobil otomatis adalah Honda. Perusahaan yang berasal dari Jepang ini sedang mengembangkan kendaraan mobilnya dapat berkendara secara otomatis. Mobil yang dapat mengendarai sendiri tersebut dijuluki sebagai Mobil Otonomos. Perusahaan ini mulai membicarakan hal serius seputar mobil otomatis dengan perusahaan teknologi dari google, yaitu Waymo.  Perusahaan Waymo merupakan perusahaan yang menaungi proyek - proyek mobil otonom.

Perusahaan Honda memulai perancangannya dengan menerapkan sistem Self Driving untuk menciptakan kendaraan yang aman bagi para penumpang. Sistem tersebut berupa perangkat lunak canggih yang akan ditanam pada mobil yang dijadikan sebagai mobil otonom. Perjanjian disepakati oleh kedua divisi dari Pengembangan dan Penelitian Honda (R & D) dengan perusahaan Waymo. Divisi tersebut memulai dengan menerapkan sistem Self Driving Sensor. Sistem keamanan dasar yang dimiliki oleh mobil otomatis. Dengan penerapan sistem tersebut, maka akan mengurangi kecelakaan bagi para penumpang akibat manuver yang kurang baik. Sistem kerjanya yaitu dengan memberikan deteksi lingkungan disekitar mobil terhadap benda – benda yang ada.

Jika sensor tersebut menangkap benda disekitarnya, maka sistem tersebut dapat mengurangi kecepatan dan bahkan berhenti untuk menghindari kecelakaan. Sistem ini juga dapat memberikan navigasi yang tepat untuk menuju ke tempat yang diinginkan Perusahaan Waymo mengatakan bahwa mereka tidak memiliki tujuan untuk menciptakan mobil otonomos sendiri. Perusahaan tersebut hanya ingin mengembangkan sistem mobil otomatis yang canggih tersebut untuk memenuhi kebutuhan para perusahaan produksi kendaraan mobil. Manfaat lain yang dihasilkan oleh mobil otonomos adalah meningkatkan mobilitas bagi lansia, penyandang cacat, mengurangi polusi udara, hemat bahan bakar, dan wisatawan dapat mencapai tujuan tanpa harus sesat dijalan.

Untuk bukti keseriusan perusahaan Honda  untuk menerapkan sistem ini, mereka menyediakan beberapa unit mobil untuk dilakukan uji tes pada perusahaan Waymo. Kolaborasi tersebut dilakukan di Silicon Valley dan di Jepang. Tepatnya di Tochigi. Walaupun masih berupa rencana dan rancangan, tetapi perusahaan Honda telah menetapkan target bahwa mobil otonomos akan diperkenalkan ke dunia sekitar tahun 2020 mendatang. Ini membuktikan bahwa perusahaan Honda selangkah lebih maju dari kompetitor – kompetitor lainnya dalam dunia otomotif. Dengan adanya mobil otonomos dari Perusahaan Honda, maka impian manusia untuk merasakan mobil masa depan yang dapat mengemudi sendiri akan terwujud.
Sumber : otomotif.kompas.com

Dealer Mobil Honda Ciledug