Penyebab masalah pada setir mobil

Penyebab Masalah Pada Setir Mobil - Suatu permasalahan yang terjadi pada kendaraan mobil salah satunya adalah setir mobil. Sering kali kita tidak menyadari saat kita berkendara hanyalah mesin saja yang kita utamakan, namun ada bagian-bagian yang kecil tapi sangat berpengaruh pada mobil salah satunya adalah setir. Saya disini akan menjelaskan sedikit tentang permasalahan pada mobil salah satunya adalah stir mobil.

Permasalahan yang terjadi pada setir mobil terjadi karna kelalaian kita sendiri dan di bawah ini ada beberapa penjelasan permasalahan pada stir mobil.

  • Jika power steering mobil anda menderum ketika anda mencoba untuk memutarnya, yang pertama periksalah permukaan cairan booster steering. Kemudian lakukan perbaikan sedikit pada unitnya jika memang diperlukan
  • Jika mobil anda membuat suara pekikan yang menusuk telinga, periksalah sabuk penggerak pada unit power steering untuk melihat dan mengetahui penurunannya.
  • Jika mobil anda bergoyang saat berjalan, cobalah untuk mengecek tekanan ban untuk memastikan semuanya berukuran sama dan tidak rusak. Lalu kemudian periksa ujung batang hubung kemudi untuk melihat aus system pada  kemudi.
  • Jika anda mengalami kesulitan dalam mengemudikan mobil yang telah cukup tua, cobalah untuk melumasi piting gemuk system kemudi sebelum anda mengganti onderdilnya. Jika itu bisa memecahkan persoalan, maka anda telah melakukan penghematan pada mobil kesayangan anda.

Cobalah untuk tetap teliti dan konsentrasi saat masalah mobil anda terjadi dan jangan pernah sungkan untuk bertanya kepada mekanik handal yang anda percaya.
Namun anda juga harus berhati-hati karna sering sekali kita di bohongi dan di bodohi oleh mekanik pada bengkel yang kita percaya. Banyak pula mekanik yang melakukan kecurangan pada mobil kita yang tidak kita ketahui.

Pernahkah kita naik mobi, kemudian merasakan adanya suatu goncangan yang hebat dalam mobil setelah berpapasan dengan kendaraan lain. Beberapa orang menduga kalau itu adalah efek limbung yang terjadi akibat ukuran mobil yang kecil.
Sebetulnya masalahnya terletak pada keselarasan spooring,keseimbangan,dan piranti kemudi sebagai pengendali gerakan mobil.

Mobil yang sudah lama dipakai maka keselarasan dan keseimbangan rodanyaharus diperbaiki karena keausan pada komponen kaki mobil yang dapat meyebabkan terjadinya penyimpangan sudut kelurusan roda. Tujuan dari spooring adalah menyelaraskan antara posisi roda kanan dan kiri. Jika tidak dilakukan keseimbangan pada roda kanan dan kiri mobil akan menjadi limbung dan menjadi berat sebelah.

Pengertian balancing roda.
Ketika proses penyetelan harus diyakini bahwa roda belakang benar-benar paralel dengan roda depan karena roda belakang mengikuti gerakan roda depan ketika sedang berjalan.
Spooring dan blancing bertujuan untuk membuat keausan ban mobil merata sehingga pengendalian dan kenyamanan mobil tetap terjaga.adapun gejala-gejala yang terjadisaat ini kebanyakan sistem kemudi power steering.

Pengertian spooring roda dan sistem kerja sporing roda mobil

  • Jika kemudi atau setir terasa berat, ini disebabkan oleh kendornya tali kipas dan juga berkurangnya oli pada power steering.
  • Getaran yang kuat pada kemudi, hal ini disebabkan oleh lemahnya sistem suspensi depan.
  • Kinerja setir terganggu dan kurang optimal, hal ini bisa disebabkan karena penggunaan ban dengan jenis radial sangat lebar bisa juga tekanan angin yang berbeda pada setiap ban.
  • Gerak bebas setir terlalu besar atau berlebihan, masalah ini disebabkan karena penyetelan sector shaft yank tidak tepat.

Oleh karena itulah penting bagi setiap pemilik mobil untuk melakukan spooring dan balancing secara rutin agar masalah pada sistem setir mobil tidak terjadi. Demikianlan artikel permasalahan pada setir mobil dan penyebabnya.

Harga Honda Mobilio